Mumpung

Sepanjang 2016 kemarin, banyak sekali yang pergi mendahului kita. Baik yang dekat di hati, yang teramat kita kasihi, atau sekadar orang yang kita kenal begitu saja.
Apapun dan bagaimanapun posisi mereka di hati kita masing-masing pastilah telah menorehkan gambar tersendiri di lini masa hidup kita, sedikit/ banyak, gelap/terang, berwarna/cenderung monokromatik.

Saya, sebutlah dengan label apapun yang kalian kehendaki, adalah seorang yang tidak pernah bisa beradaptasi dengan baik dengan keadaan yang bertajuk "kehilangan orang yang saya kasihi". Butuh proses dan waktu yang tidak sebentar bagi saya untuk mencerna setiap peristiwa kehilangan yang dalam 5 tahun belakangan seolah datang bertubi-tubi. Saya sudah sampai pada "Okay, Boss, who's next? What's next" kind of phase.

Kebetulan, karena masih libur saya menyempatkan diri menyusun dan merawat foto-foto lama. Bak video, semua memori terputar kembali secara otomatis saat saya memandangi wajah-wajah mereka, yang telah kembali ke Rumah Yang Senang itu. Senyum disusul dengan tetes air mata pun terjadilah.

Dalam otak saya, yang tak seberapa besar ini, saya mencoba melogikakan peristiwa meninggalkan-ditinggalkan; peristiwa resiprokal yang mutlak terjadi dalam hidup.

»Saat Senja datang, apakah Bumi yang pergi meninggalkan atau Matahari yang mengucapkan selamat tinggal?« .

Entahlah.
Yang jelas keduanya sama-sama terluka.
Yang terpenting saya sudan belajar tentang kehilangan (lagi dan lagi tiada henti); bahwa tiada satupun yang bertajuk abadi.

Teringat pada perkataan seorang kawan:
"Tak ada yang absolut di dunia ini, kak. Yang absolut hanya kecepatan cahaya." ~Gita Elisa Ginting.

Mumpung masih diberi kesempatan, mumpung jatah nafas masih diberikan secara cuma-cuma oleh Sang Maha Hidup, nggak ada salahnya mengekspresikan rasa sayang kita ke orang-orang yang berarti dalam hidup.

Seperti kata mas Chris Martin: "So if you love someone, you should let them know oh the light that you left me will everglow..." .

Couldn't agree more... 💖💙

posted under |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers


Recent Comments