Model, Rakyat, dan Budaya

Pada suatu konferensi yang dilakukan di Princeton, beberapa pemikir menuangkan pemikiran mereka mengenai folk models (model rakyat). Pemikiran-pemikiran terbagi atas dua kelompok (1) melanjutkan penyelidikan terhadap antropologi kognitif dalam rangka menangkap keunikan dari suatu dunia yang terkonstruksi oleh budaya, dan (2) mencari suatu model parsial, yang juga sistematis dari suatu domain tunggal.
            Pada konferensi itu, Lakoff dan Johnson mengangkat permasalahan tentang bagaimana suatu metafora yang sifatnya konvensional dapat membentuk suatu model yang paradigmatik. Selain itu ada juga terangkat masalah model tentang dunia yang mempunyai kecenderungan membentuk hubungan prototipe, yang sejalan juga dengan mekanisme metafora yang bersifat konvensional. Teori semantik, yang mengacu pada kajian prototipe, yang dirintis oleh Rosch, serta Berlin and Kay ini juga mengarah pada situasi ideal dari prototipe.
            Ketika berbicara tentang definisi folk models dan cultural, mau tidak mau harus melihay dari dua sudut pandang, yakni: (1) sharedness, seperti cerita rakyat yang turun temurun, (2) model-ness,  kemodelannya.
            Lebih lanjut, kalau kita bicara tentang model, yang pasti berbeda di setiap domain, kita bicara tentang konseptualisasi suatu masyarakat budaya akan berbagai hal dalam kehidupannya, seperti waktu, emosi, proses mental, dan sebagainya. Perbedaan model dari setiap budaya yang ada di dunia lebih menekankan kepada nilai yang berlaku di tempat tertentu dan juga pada penekanan mereka pada konseptualisasi mereka sebagai individu yang memiliki keunikan.



Pustaka Acuan
Holland, Dorothy dan Naomi Quinn. 1987. Cultural Model Language and Thought. Cambridge: Cambridge University Press

posted under |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

niken adiana wiradani soebarkah
perempuan sederhana yang masih selalu dalam proses belajar, dan sangat percaya akan kekuatan kasih.
Lihat profil lengkapku

Cari Blog Ini

Followers


Recent Comments